Sertifikasi Hotel Yang Wajib Diketahui Oleh Para Pengusaha Hotel



Berbagai macam sertifikasi yang ada di negara Indonesia, sangatlah banyak jenis sertifikasi yang beredar. Sertifikasi hotel termasuk wajib bagi seluruh pengusaha hotel Indonesia, karena diperintahkan oleh peraturan perundang undangan yang diterbitkan oleh pemerintah, dan kementrian pariwisata. Saat ini sertifikasi hotel bukan lagi kategori berbintang, melainkan kategori berbasis resiko, adapun penggolongan kategori dalam hotel ialah

  1. Menengah Rendah
  2. Menengah Tinggi
  3. Tinggi
Untuk pengkategorian ini dinilai oleh sistem OSS. Pada saat membuat NIB RBA, maka akan munculah pengkategorianini.

Selain kategori ini, Skala usaha hotel juga diklasifikasikan kedalam usaha hotel
  1. Mikro
  2. Kecil
  3. Sedang / menengah
  4. Besar
Pengkategorian hotel dari mulai kategori hotel dan klasifikasi usaha ini dilihat dari sumber resiko yang ada dalam hotel tersebut, sistem OSS telah memastikan bahwa hotel saat ini masuk kedalam kategori apa saja.

Penentuan kategori resiko dan klasifikasi usaha ini akan berpengaruh kepada durasi audit atau mandays audit pada saat melakukan sertifikasi hotel.

Tentunya jika kategori tinggi dan skla hotel besar, maka akan lebih lama untuk melakukan pemeriksaan audit. kemungkinan durasi audit bisa sampai 7 hari kerja.

Semakin kecil resiko dan semakin kecil klasifikasi hotel maka akan semakin sedikit durasi audit, dan sebaliknya, semakin tinggi resiko mapun klasifikasinya, maka akan semakin lama durasi auditnya.

Ada banyak diluaran sana yang memiliki jasa sertifikasi hotel , yaitu para lembaga sertifikasi yang telah kompeten melakukan tugasnya.

Kawan kawan bisa memilih lembaga mana yang menyediakan jasa sertifikasi hotel dengan harga tertentu, menurut saya, ambil yang paling murah, karena jasa sertifikasi hotel yang satu dengan yang lainnya tidak lah berbeda, mereka menggunakan sistem penilaian yang sama yang telah ditentukan oleh pemerintah republik indonesia. 

Cukup Sekian Artikel kali ini semoga bisa membantu kawan kawan dalam menentukan ingin kemana melakukan sertifikasi hotel.

Salam hangat... Alya Gemoy...... Jangan Lupa di share yah artikel aku hihihihihihihihi....
LihatTutupKomentar